Google
 

Jumat, 22 Februari 2008

Pemprov Jadikan Pilkada Bali Objek Wisata

Okezone-22 Februari 2008

DENPASAR - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bali yang bakal digelar 9 Juli mendatang akan dikemas secara menarik. Sehingga layak menjadi tontonan politik berbudaya bagi turis mancanegara. Tak tanggung, dana yang dianggarkan untuk kesuksesan pesta demokrasi lokal tersebut mencapai Rp69 miliar.

"Saya akan buat pilkada berbudaya, sehingga bisa jadi tontonan politik berbudaya" ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Bali, Anak Agung Oka Wisnumurti saat Konsolidasi Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Bali di Gedung Wiswa Sabha Denpasar, Jumat (22/2/2008).

Dengan demikian, diharapkan turis asing yang tengah berkunjung ke Bali tidak akan terganggu dengan gaung pilkada, malah sebaliknya merasa kagum dengan proses demokrasi di Bali.

Salah satu bentuknya adalah kampanye bersama dengan arak-arakan dokar hias dan gebyar tarian dan nyanyian, pembuatan website untuk sosialisasi, pembukaan call center untuk tempat pengaduan masyarakat, hingga kampanye pelepasan atribut kampanye pada hari akhir masa kampanye. Uniknya, KPU Bali bahkan membuat lagu yang jadi mars pilkada Bali.

Gubernur Bali Dewa Made Beratha menyatakan, dana yang dianggarkan untuk pilkada sesuai dengan pengajuan dari KPU. Pihaknya pun tidak menutup kemungkinan adanya penambahan anggaran untuk diajukan dalam APBD Perubahan di tengah tahun ini. "Mudah-mudahan cukup. Kalau kurang, ya kita akan tambahkan," tegasnya.

Pilkada Bali rencananya akan digelar pada 9 Juli mendatang. Tahapan pilkada sudah akan dimulai mulai 23 Februari ini dengan pembentukan PPS dan PPK. Pada April-Juni, mulai dilakukan penetapan daftar pemilih tetap. Jumlah pemilih potensial dalam Pilkada Bali diperkirakan mencapai 2.571.840 orang atau sekitar 79% dari jumlah penduduk Bali yang mencapai 3.527.991 orang.

Pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali rencananya akan dilakukan pada April 2008. Hingga kini, telah muncul dua kandidat Gubernur Bali. PDIP menjagokan mantan Kapolda Bali Made Mangku Pastika sebagai Gubernur dan Walikota Denpasar saat ini Anak Agung Puspayoga sebagai Wakil Gubernur. Sementara Partai Golkar menjagokan Ketua DPD Golkar Cok Budi Suryawan yang hingga kini belum memiliki pasangan. (Ni Komang Erviani/Sindo/kem)

Tidak ada komentar: